48 Mengatasi Modem Smartfren Tak terdeteksi (Berkedip) di windows7



Blogger | Coepoe - Mengalami Modem Smartfren kedip-kedip dan tak terdeteksi atau Modem Tidak Bisa Connect ? kalau cuman berkedip saja, bisa jadi karena setting Mode Selectionnya di set Hybrid, Selama modem terdeteksi dan bisa connect tidak masalah. Yang jadi masalah ketika kita pertama kali menggunakan Modem SmartFren, modem hanya berkedip-kedip tanpa ada respon untuk install driver-nya.

Kebetulan saya baru mencoba menggunakan SmartFren. Ketika Modem saya colok di laptop yang menggunakan OS Windows7, itu modem tidak menunjukkan reaksi auto install driver. Berbeda ketika saya pakai di PC yang pakai Windows Xp lancar-lancar saja, mulai dari Install Driver sampai test koneksi internet dan wush wush .....

Disclaimers | Harap Baca Dulu !!
  1. Tutorial ini hasil praktek pengalaman pribadi dengan menggunakan Windows 7. Jangan coba-coba untuk OS lain kecuali sudah berpengalaman, karena saya sendiri baru mencoba untuk Windows 7 milik sendiri dan belum pernah mencoba ke OS lain versi lain.
  2. Untuk mempraktekan tip ini sebaiknya yang sudah biasa oprek-oprek windows, untuk yang awam sebaiknya jangan mencoba-nya. Kecuali resiko di tanggung sendiri

Ok Sobat, jika anda pakai Windows7 dan mengalami problem yang sama yaitu modem tidak terdeteksi dan hanya kedip-kedip saja, coba ikuti langkah-langkah berikut :
1. Masuk ke RUN atau tekan WIN+R
2. Ketikkan MSCONFIG, seperti gambar di bawah :


Selanjutnya sistem menampilkan System Configuration :



3. Pada tab General, pilih Diagnostic Startup (Seperti gambar di atas)
4. Pada tab Boot, pada pilihan Boot (Boot Options), pilih “Safe Boot” lalu pilih lagi “Minimal”
5. Pada tab Service, Disable semua service (Disable All)
6. Lalu restart komputer atau laptop anda

Setelah restart, laptop/ komputer menampilkan SafeMode. Langkah-langkah selanjutnya di tampilan Safe Mode :
  1. Masuk ke ke local C
  2. Masuk ke Windows\System32\LogFiles\WMI\...
  3. Perhatikan, di dalam folder WMI ini terdapat folder yang benama RtBackup. Hapus folder “RtBackup”..
  4. Setelah itu masuk ke Run lagi,, dan Ke MSCONFIG..
  5. Kembalikan setting seperti semula. Pada General pilih Normal Startup, Tab Boot, Hilangkan pilihan anda yang tadi, kemudian enable semua service yang telah terdisable sebelumnya.
  6. Restart kembali komputer anda (Sebelum restart, pastikan modem sudah di tancapkan di laptop/PC)
  7. Pada saat Windows restart dan mulai muncul program autorun smartfren, artinya langkah-langkah yang di lakukan di atas berhasil. Selanjutnya ikutin step-step biasa untuk Install Modem. Selamat berselancar :D
Updated 9 Des 2012 :
Dari Komentar Pembaca, banyak yang masih mengalami kendala ketika menghapus folder RtBackup. Prinsipnya folder tsb yang bisa menghapus hanyalah Administrator. Untuk itu cara gampangnya, kita harus masuk ke Windows 7 sebagai Administrator Ikuti saja langkah berikut :
1. Di windows, Klik START, kemudian ketik CMD, sampai layar menampilkan screen CMD.EXE.
2. Di Command Prompt ketik : net user administrator /active:yes seperti tampilan di bawah :

3. Setelah muncul pesan "The Command Completed Successfully, tutup commant prompt di atas, dan log out Windows 7. Seharusnya di pembukaan Windows muncul pilihan Login sebagai Administrator. Masuk sebagai Administrator, kemudian selanjutnya seperti langkah-langkah di atas, hapus Folder RtBackup di Windows\System32\LogFiles\WMI\

Jika cara-cara di atas masih belum bisa mengatasi, nggak ada salahnya mencoba menggunakan tools yg namanya Unlocker. Software Unlocker itu gunanya untuk menghapus file-file yg aktif macam RtBackup gitu lah. Terus terus saya belum pernah mencoba, jadi silahkan cari di Mbah Gugel dengan keyword "Download software Unlocker dan cara menggunakan"

Demikian tip untuk mengatasi ketika Modem SmartFren tidak ter terdeteksi dan hanya kedap kedip oleh komputer dengan OS Windows7. Selamat mencoba, semoga sukses


-------------------------------
Tip Bisnis Affiliasi Amazon >> Tutorial Affiliasi Amazon | Mulai dari Tip Cara Optimasi SEO Blogspot



48 komentar:

Tas Hajatan mengatakan...

Persiss yg saya alami, wah terima kasih mas gan ! sangat membantu tip-tipnya. Udah ane coba dan sukses, walaupun harus restart berkali-kali

bayouh mengatakan...

@Tas Hajatan : Ok sama-sama gan

Kris mengatakan...

Gan kok gabisa delete folderya? Katanya you require administrator buat deletenya... padahal udah safe mode sama administrator

pejabat bpkp pusat mengatakan...

klo buay xp apa prosedurnya tetap sama mas bro?

Lowongan Kerja BUMN-CPNS mengatakan...

Kalau buat XP harusnya tidak ada kendala bro, tanjap lansung ke detect. Kalau pakai W7 emang sering masalah di saat initial pertama kali aja

Anonim mengatakan...

kalo di windows 7 ultimate X64 bisa berhasil kgak gan caranya ni??

narno grunge mengatakan...

saya pake winXP tapi gejalanya sama,,,gmn gan??? saat diinstal ada kteranganya:invalid port,,keterangan2:search device timeout,please installed manualy,
tolong bimbinganya gan...

bayouh mengatakan...

@narno grunge :
Untuk XP harusnya tidak ada masalah sob, coba di lepas modem-nya dan selanjutnya pasang kembali. Tunggu sampai terdeteksi baru di buka lagi. Kalau belum bisa juga di restart dulu komputernya

Fajrul Ahmat Nawawi mengatakan...

folder RtBackup kok gan bisa gan..?? pada semua langkah yag sebelumna sudah saya lakukan.

Akram Berbagi mengatakan...

infonya sangat bermanfaat gan

Anonim mengatakan...

Gan, folder RtBackup nya ga bisa di hapus, knp ya ?

bayouh mengatakan...

@Anonim : Coba baca updated terbaru saya tgl 9 Desember 2012 diatas. Ikuti saja langkah di atas. Intinya bagaimana kita bisa login sebagai administrator melakukan langkah di command prompt-nya. Silahkan di baca, semoga membantu :)

Anonim mengatakan...

waktu itu netbook saya ada 2 aplikasi modem smartfren atau versi yg 1 ac yg ke 2 ce waktu saya merestore ac,lalu modem yg ce saya tancapkan ke netbook tapi kok tdk bisa kok malah error,gimana gan solusinya tlng y bantuannya,

Hania mengatakan...

salam kenal.. punya masalah nih, smartfrennya gak bisa connect.. ada tulisan the modem (or other connecting device) is already in use or is not configured properly. udah coba cara yang diatas masih gak bisa juga ni.. :( minta pencerahan yah.. :)

smile mengatakan...

mau tanya mass,modem saya tu bisanya diuninstall lalu saya install lg baru bisa ke deteksi, tapimasak hrus gtu trs.
jadi gmn , apa caranya sama ?
terima kasih

asril mengatakan...

boz, ane pake modem smart Ac2627, dah 2 hari ini modem ane gak bisa conek bahkan mw cek pulsa aja gak bisa. gmn??
Makasih

Blogger Coepoe mengatakan...

@Hania: Pake OS nya apa yah ?, kalau pake windows 7, ikutin aja cara di atas yg sudah di jabarkan. Kalau pake XP harusnya bisa langsung coonect selama windows bisa jalan dengan normal. Kebetulan coba di XP lancar2 aja
@Smile: Harusnya kalau udah bisa connect, berikutnya tidak perlu di uninstall lagi sob:). Laptop atau PC kan punya colokan 2-3 biji kan ?, coba posisinya jangan di ubah2, terkadang berpengaruh itu. Btw, saya belum pernah mengalami seperti Smile
@Asril : Driver-nya ada yg corrupt kali, coba di uninstall dan di install ulang. Kalau sebelumnya jalan, kemudian 2 hari ini gak jalan berarti sebetulnya kan gak ada masalah dengan modem-nya. Kecuali modem rusak yah sob :), kalau yg ini ane juga kagak bisa bantu :D

Anonim mengatakan...

bos, mau nanya nih, ini tuh restartnya jadi lama gtu ya pas ikutin cara diatas?

Blogger Coepoe mengatakan...

@Anonim : Enggak lama tuh, gan.. restart aja seperti biasa. Emang settingnya seperti gimana ?

Anonim mengatakan...

gak tau nih, uda semaleman tetep ga bisa, gua pake windows vista gan.. uda pake yang unlocker jg terus filenya uda diapus tetep gak bsa ke detect, mohon sarannya gan.. uda pusing nih

web-info mengatakan...

tolong gan ane nyari di google ga ada,masalahnya pada kasus ane file hape tidak terdeteksi, padahal ntk internetan lancar lancar saja.. apanya yang salah ya gan...

jogja mengatakan...

saya sudah coba di windows 7 saya, tapi tetep gak bisa gan.
unlocker gak jalan di safe mode, harus balik ke normal. udah coba hapus file-nya pake unlocker di normal mode, eh pas safe mode file-nya ada lagi.
kalo untuk administrator bisa sih. mohon bantuannya gan, dulu modem saya gak kebaca abis update windows soalnya, bukan di awal pake

Anonim mengatakan...

gan, saya udah muncul autorun installernya, tapi pas di user interfacenya tulisan connectnya ga mau nyala juga. saya udah instal berulang kali tapi tetep ga bisa connect. saya pake win 8 pro 32 bit, modem smartfren connec ce81b

Dwi S mengatakan...

@Anonim atas ane: sama permasalahannya dengan windows 8 pnyaku, modem huawei vodafone gak bisa keluar signal. Apa da solusi pak Admin?

bayouh mengatakan...

Untuk kasus windows 8, saya belum pernah mencoba sob. Pengalaman window7 ketika bermasalah punya saya sendiri, saya lakukan dengan step2 di atas dan berhasil.

obat hiv aids mengatakan...

artikel yang sangat bagus

Anonim mengatakan...

gan.kenapa modem smartfren saya saat mendetect device di softwarenya lama . mohon kasih saran

anggiandiki mengatakan...

terimakasih gan informasi tutorialnya..

Anonim mengatakan...

bro saya pake windows 7 klo dari awal modem na di colokin ke kabel usb/lansung ke pc windows na ga mau booting tp klo modem na d lepas baru bisa itu knapa yah ?? ada solusina?

Kusumanjaya mengatakan...

Modem saya konek seperti semula gan. Thank you so much!

khoirul mustova mengatakan...

awas produk gadungan

Anonim mengatakan...

Modem Smartfren saya aneh, di PC tidak bisa terdeteksi (Windows XP), tapi di laptop saya (Windows XP juga) bisa. Saya tunggu balasannya ASAP

Machfud Ilahi mengatakan...

makasih gan atas infonya sangat bermanfaat sekali...

ani ristiy mengatakan...

terimakasih banyak....
sangat membantu... :D
sudah saya coba dan akhirnya bisa detect lagi :D
terimakasih sudah membantu saya :D

Anonim mengatakan...

aturannya uda smua itu gan tapi cuma langkah terakir yang saya bingung sewaktu log off ganti ke administratornya harus pake password bru bisa masuk . . seinget saya swaktu bli laptop ga ada itu seiinget saya ga ada setting password, , cari2 di google juga ga nemu password windows 7nya , ada info gan ??

arus mengatakan...

kalau modemnya ada tulisan cannot access serial port gmna gan?
apa dengan cara agan datas bisa

eddy mengatakan...

cara delete administrator account-nya gimana? run on w7 ultimate x64 regards... eddy

Al mengatakan...

klo masalah di windows xp itu gara2 di uninstall data2nya....
Jadi pas di pasang lg modemnya gk ke deteksi di komputer.
Nah tolong solusinya.. lewat e-mail
sieukhin151@gmail.com

arif budiarto mengatakan...

Ngga bisa di hapus mas sudah masuk admin juga.

Berbagi Pengetahuan mengatakan...

wah kereen2 bang artikel2 di blognya, jadi betah bacanya.. ^^

sukses slalu deh buat blognya... ^^

Zhe_Boy mengatakan...

gan udah ane hapus sesuai perintah, tapi setelah ane klik conect g bisa kayak tombol disable gitu, ane instal ulang modem smart tetep g bisa juga, gimana gan solusinya

percikan bzz mengatakan...

makasih gan, . . .sangat membantu

Radityo Aradea mengatakan...

Gan rtbackupnya udah ane hapus pakr unlocker tapi tiap reboot pasti muncul lagi gimana ya gan?

naels mengatakan...

win nya dimana yang gan ko saya tidak dapat lihat , trims untuk infonya yang memberikan pencerahan

Happy New Year mengatakan...

ini lah selama ini problem modem saya ada 2 kayak gini semuanya ane coba dulu gan semoga berhasil

cpnstkd mengatakan...

Sudah ane coba bang dan berhasil. Awalnya susah mo habus Rtbackup nya karena lupa pass admin-nya. Untungnya ada linux di compi ane, akhirnya gw delet saja dari linux dan sukses, thx

Anonim mengatakan...

Gan,kenapa ya kompi ane kan pas booting startup repair mulu berulang ulang,saya udh cari di google tpi mesti pke cd installasi mohon pencerahannya gan kompi saya win7.

Kicaumania mengatakan...

Kebetulan ane juga pernah ada masalah seperti ini sob, tinggal install ulang drivernya restart dan OK,

Konsep Desain Rumah
Interior Design Idea
Motor Cars HD
Lowongan Kerja Terbaru
Lowongan Kerja Sulsel
Lowongan Palembang
Lowongan Kaltim Baru
Diary Ika
Cars Images
Car HD Wallpapers

Poskan Komentar

Komentar ini di moderasi, silahkan berkomentar dan jangan beri link di kolom komentar. Cukup di kolom URL yang di berikan saja :) Thx kunjungannya