4 Tutorial Amazon - Tip Membuat Artikel Blog Review Amazon


Blogger-Coepoe | Tip Artikel Review Produk Amazon - Ini adalah kelanjutan dari posting sebelumnya tentang Mempersiapkan Blog untuk Affiliasi Amazon. Jadi sebelum meneruskan membaca artikel ini, ada baiknya membaca Tip Optimasi SEO Blogspot Untuk Amazon.

Pembahasan untuk amazon kali ini lebih saya tekankan ke kontennya atau artikel review untuk blog affiliasi amazon. Hal yang patut di pahami untuk blog amazon adalah :
  1. Target utama adalah buyer (pembeli). Ingat dalam bisnis amazon, earning/bonus akan masuk ke akun kita kalau ada penjualan/sales dari pengunjung melalui referal amazon kita. Jadi yang kita pikirkan bukan saja visitor yang melimpah, tapi yang justru lebih penting adalah bagaimana menjaring visitor yang lebih ter-target yaitu calon pembeli atau visitor yang memang berniat ingin mencari suatu barang melalui referensi internet.
  2. Visitor blog yang melimpah dan bahkan sampai ribuan terkadang belum tentu bisa menghasilkan pendapatan dari amazon secara maksimal. Saya sudah pernah mencobanya sendiri memasang link affiliate amazon ke blog saya dengan konten bahasa inggris dengan niche gadgets news dan kebetulan visitornya lumayan banyak dengan pageview ribuan. Memang aneh rasanya tapi kalau di analisa bisa jadi demikian. Siapa tahu visitor blog saya memang banyak, tapi kebanyakan hanya visitor biasa alias pengunjung yang datang hanya sekedar membaca mencari informasi berita. Bukan visitor yang datang dengan tujuan mencari produk yang ingin di belinya. Masuk akal bukan ?!?
Lalu bagaimana tip membuat blog untuk amazon ?, inilah yang akan saya sharing disini. Sharing ini murni berdasarkan pengalaman pribadi selama bergelut di affiliasi amazon. Jadi bisa jadi pengalaman saya berbeda dengan rekan-rekan lainnya. Berikut adalah catatan saya :
  1. Posting Manual dengan jumlah posting sedikit tidak kalah, bahkan bisa lebih baik dibanding ratusan bahkan ribuan posting yang di generate secara otomatis pada blog. Posting manual bisa dengan mudah kita memainkan keyword-keyword yang kita bidik. Satu blog 1 niche cukup saya isi dengan 5-10 posting artikel saja. Catatan yang penting, Jangan Main Copas Artikel alias Copas blog orang sembarangan
  2. Membuat posting dengan metode review secara manual lebih menguntungkan dibanding posting dari hasil grap robot. Susunan posting review amazon seperti saya gambarkan dibawah :
Tip Tutorial Membuat Artikel Review Amazon
Penjelasan Gambar :
  • Bagian paling atas adalah Judul Artikel. Ini adalah kunci pertama yang paling penting. Jangan remehkan judul artikel dan bahkan ini adalah yang paling penting dalam bahasan saya mengenai konten amazon dan blog-blog lainnya. Orang sering asal-asalan menulis judul artikel. Padahal pertama kali google crawl sebuah posting maka judul artikel ini yang pertama kali di rayap. Kalau kita melakukan searching di google pun, judul artikel berada dipaling atas. Pengunjung melakukan klik hasil pencarian juga yg diklik dan di lihat adalah judul artikel. Untuk artikel review amazon, judul yang saya sukai adalah contoh seperti ini misalnya :
    Top Rate Sewing Machines Under $100
    Good Kindle for Under $200
    Best Juicer for Under $50
    Cheap printer for under $50
    Judul-judul seperti diatas sangat cocok buat menjaring visitor yang bertipe Buyers, karena buyers biasanya mencari artikel review di google berdasarkan BUDGET mereka. Kalau orang sudah mempertimbangkan budget pada umumnya sudah ada niatan untuk membeli barang. Sekali lagi target affiliate amazon adalah mencari pembeli. Bukan sekedar visitor yang datang dan pergi.
  • Konten / Isi Postingan - Sesuai gambar diatas saya bagi menjadi 2 Bagian
    Bagian #1 : Kalimat Pembuka : Berisi minimal 200 - 300 kata, kalau lebih banyak lebih baik lagi, asal jangan terlalu bertele-tele isinya dan fokus lebih banyak menjabarkan penjelasan sesuai judul artikel dan penjelasan singkat tentang kegunaan barang. Pantangan yang harus di ingat "Jangan Copas Dari Blog Lain". Mending bikin sendiri secara unik, kalau kurang pinter bahasa inggris seperti saya, bisa pakai http://translate.google.com dan bisa di cek keunikannya disini : http://smallseotools.com/plagiarism-checker/ kalau ternyata belum unik 100 persen, konten bisa di spin disini http://www.freearticlespinner.com/ untuk mendapatkan variasi kalimat yang lebih unik.
    Kalimat Paragraf awal ini juga sangat penting se level dengan judul artikel. Kalau berisi keyword-keyword yang kita bidik dan relevan dengan judul artikel.

    Bagian #2 : List Product : Kalau sudah membuat kalimat pembuka secara singkat, baru di bawahnya adalah list produk sesuai kriteria judul posting. Misalnya judul posting "Top Rate Sewing Machine Under $100", kita cari produk-produk Sewing di amazon dengan kriteria Rate Star minimal 4, review customer bagus tentunya (Tapi jangan coba-coba copas Customer Review langsung dari amazon, karena melanggar TOS) dan kita filter lagi yang harganya berkisar dibawah $100-an. Biasanya saya mengisi dengan 3-5 produk pilihan sesuai ketersedian barang di amazon. Di bagian list produk ini kita bisa copas product descriptions seperti di amazon atau sedikit di rewrite dengan edit-edit kosakatanya biar tidak sama persis. Kemudian jangan lupa di upload foto produknya dan jangan lupa di beri keterangan sumber gambar-nya.
    Singkat saja keterangan di masing-masing produk, kemudian di beri (READ MORE) dan kita link ke referal amazon milik kita sendiri. Harga masing-masing barang tidak perlu di cantumkan di posting blog. Mudah bukan ?
Untuk melengkapi blog kita jangan lupa pada blog di beri :
About Me, Privacy Policy, Disclaimer, Contact Me
Ini sangat penting dan sekalian biar blog terlihat lebih pro hehe, walaupun isinya kita bisa copas dari contoh-contoh blog lain. Untuk Disclaimers juga jangan lupa diberi penjelasan bahwa blog ini adalah sebagai member affiliasi amazon. Silahkan googling sendiri yah !

LANDING PAGE
Ini adalah teknik bagaimana caranya agar dari blog utama kita tidak langsung mengarah ke link amazon. Kenapa demikian ?, Sebetulnya cara ini lebih bertujuan untuk menghindari razia si mbah. Saya pernah punya pengalaman, blog amazon dengan menggunakan blogger, gimana kesalnya blog yg sudah kita bangun dengan visitor lumayan dan kita optimasi, eh tahu-tahu kena garuk oleh google alias di delete. Ada anggapan bahwa si mbah ini rada-rada sensi atau gimana gitu dengan blog yg isinya konten amazon ahahahay, akhirnya ada solusi dan salah satunya pakai Landing Page. Sebagian rekan-rekan pakai short link, tapi juga tidak menjamin. Kalau sobat punya self hosting + domain, ada baiknya memanfaatkannya sebagai landing page. Mungkin untuk membahas ini akan saya posting saja yah di artikel selanjutnya nanti.

BACKLINK
Jangan lupa lakukan backlink ke social media, bookmark dan sebagainya dan cari yg minimal PR>3. Posting link ke G+, Twitter buat memperkuat SERP. Dan banyak lagi teknik-teknik SEO yang bisa anda explore di internet.

Okey deh, gitu saja yang bisa saya share  mengenai Tip Membuat Artikel Review Amazon. Semoga artikel ini bermanfaat dan selalu ingat jangan lupa berbagi-bagi ilmu sekecil apapun itu. Dan pesan saya kalau sudah banyak referensi dan membaca jangan lupa ACTION ... ACTION ... ACTIOn cuy !! haha

Buat penyemangat saja :

Bukti Penghasilan Bisnis Amazon
Diatas itu amazon bulan agustus, rekor tertinggi bulan juli sampai $1700, kemudian rata-rata bulan berikutnya antara $500 - $1000/bulan. Sempet penghasilan drop gara-gara updated algoritma google

Bukti Penghasilan Amazon
Ini adalah moment Natal dan Tahun Baru 2013 kemarin. Lumayan 1 aja hari bisa dapat >$100

4 komentar:

RPGmaker-id mengatakan...

Thnx gan, ane coba dlu tips ini, mklm masi newbie nih, pngn dpa uang dari mijon.

Priskila Ritonga mengatakan...

Thx Mz, akhirnya dapat artikel yang lengkap mulai dari seo n cara post review amazonnya ^^

Blogger Coepoe mengatakan...

@Priskila : Terima kasih mbak kunjungannya, selamat mencoba yah.... semoga rejeki dan kesehatan terus menyertai anda :)

Edi Trianto mengatakan...

Mas numpang tanya sedikit nih..! itu Earning yg dapat $927.76 build berapa Blog ya..? dg WP atau Blogspot..??

Posting Komentar

Komentar ini di moderasi, silahkan berkomentar dan jangan beri link di kolom komentar. Cukup di kolom URL yang di berikan saja :) Thx kunjungannya